fbpx

Padang, 3 Juli 2024

Universitas Dharma Andalas dengan hangat menyambut kedatangan delegasi dari International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM) ibuk Cyntia Wu, Indonesia Regional Manager pada Rabu pagi. Delegasi ICCCM yang tiba pada pukul 8.00 WIB disambut langsung oleh Kepala Humas UNIDHA, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM.

Acara penyambutan ini menandai langkah awal yang signifikan dalam mempererat hubungan kerja sama internasional dan mendukung visi UNIDHA sebagai universitas berkelas dunia. Irsyad Shabri menyampaikan, “Kami sangat gembira menyambut kedatangan delegasi ICCCM. Ini adalah awal yang penting untuk memperluas jejaring internasional dan mendukung visi global UNIDHA.”

Wakil Rektor I Universitas Dharma Andalas, Dr. Tesri Maideliza, M.Si., M.Sc., memberikan pandangannya mengenai kunjungan ini. “Kunjungan delegasi ICCCM memberikan kesempatan besar bagi UNIDHA untuk memperluas jejaring internasional dan memperkuat implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kolaborasi yang bermanfaat bagi seluruh civitas akademika,” ujar Dr. Tesri.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, M.S., menyampaikan, “Kami sangat menghargai kedatangan delegasi ICCCM dan berharap ini menjadi awal dari kerjasama yang erat dan berkelanjutan. Kerjasama ini diharapkan membuka banyak peluang baru untuk pengembangan akademik dan penelitian di UNIDHA. Dengan adanya kolaborasi ini, tentunya akan terjadi transfer pengetahuan dan teknologi yang signifikan antara kedua institusi, yang akan memberikan dampak positif bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat luas. Kami juga berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi yang ada melalui berbagai program dan inisiatif bersama yang telah disepakati, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan inovasi di UNIDHA. Kami berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat jangka panjang bagi kedua belah pihak.”

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak membahas berbagai aspek terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mencapai kesepakatan bersama mengenai kolaborasi akademik. Langkah awal ini diambil untuk membina hubungan yang saling menguntungkan dan mendukung kemajuan bersama. Area kerjasama yang dibicarakan meliputi:

  1. Mengorganisir program pelatihan jangka pendek atau pertukaran kredit untuk mahasiswa serta partisipasi mereka dalam kompetisi internasional.
  2. Mengatur inisiatif pelatihan guru atau studi tur bersama.
  3. Meningkatkan kualifikasi akademik para pengajar melalui program kolaboratif.
  4. Berpartisipasi dalam pengelolaan sekolah dan pengembangan talenta internasional.
  5. Mempromosikan pelatihan Bahasa Asing Plus Keterampilan Vokasional dan standar pendidikan kejuruan internasional.
  6. Memperkenalkan sumber daya kurikulum berkualitas tinggi secara bersama-sama.
  7. Menyelenggarakan konferensi atau acara internasional secara bersama.
  8. Mendirikan program pendidikan atau institusi kerjasama internasional.
  9. Mempromosikan proyek pertukaran yang berkontribusi pada perkembangan bersama dan meningkatkan pengaruh dalam pendidikan internasional.

Setiap proyek kerjasama akan dieksekusi sesuai dengan durasi dan kondisi yang ditentukan dalam perjanjian proyek spesifik. Inisiatif kerjasama akademik akan diimplementasikan sesuai dengan isi Memorandum of Understanding (MoU) yang disepakati.

Kunjungan ini diharapkan membuka jalan bagi kerjasama yang lebih intensif dan produktif antara UNIDHA dan ICCCM, membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak dalam menjalankan misi pendidikan dan penelitian internasional.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas