fbpx

Padang, Unidha 1Juni 2024

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat, Universitas Negeri Padang (UNP), dan Event Organizer Nasional Syakaa Organizer kembali menggelar Minangkabau Halal Festival (MHF) 2024 di Gedung Auditorium UNP. Festival ini diselenggarakan mulai dari tanggal 30 Mei hingga 3 Juni 2024 sebagai sarana edukasi halal serta untuk mendorong pertumbuhan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, menilai event tersebut menjadi bagian dari pelaksanaan amanah UU Nomor 17 tahun 2022, serta semakin memperkuat iklim industri halal di Sumbar. “Minangkabau Halal Festival ini adalah langkah strategis untuk menjadikan Sumatera Barat sebagai global hub for halal industry. Dukungan semua pihak sangat dibutuhkan untuk menjaga integritas halal dalam semua aspek,” ujar Gubernur Mahyeldi dalam sambutannya.

Kaprodi Magister Manajemen FEB Universitas Dharma Andalas , Bapak Heru Aulia Azman, PhD, turut serta memeriahkan event bergengsi ini. Beliau memoderatori Seminar Sertifikasi Halal dengan topik “Penguatan Komitmen Halal di Sumatera Barat”. Kegiatan ini menghadirkan narasumber yang handal di bidangnya, yakni Ketua KDEKS Sumbar H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Ketua Industri Halal Prof. Irwandi Jaswir, dan Ketua MUI Sumbar Dr. H. Gusrizal Gazahar, Lc, Mag.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, menyatakan kebanggaannya atas keterlibatan Universitas Dharma Andalas  dalam acara ini. “Partisipasi Universitas Dharma Andalas  dalam Minangkabau Halal Festival merupakan bukti nyata komitmen kami dalam mendukung pengembangan industri halal dan ekonomi syariah di Sumatera Barat. Kami berharap kontribusi ini dapat memberikan dampak positif dan mendorong pertumbuhan industri halal di daerah kita.”

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., juga menambahkan, “Keterlibatan Bapak Heru Aulia Azman, PhD, sebagai moderator dalam seminar sertifikasi halal ini menunjukkan peran aktif Universitas Dharma Andalas  dalam mengedukasi dan mempromosikan industri halal. Kami sangat mendukung setiap inisiatif yang bertujuan untuk memajukan ekonomi syariah dan industri halal di Sumatera Barat.”

Festival ini juga menekankan komitmen daerah dalam mendukung industri halal melalui berbagai program kerja yang dikembangkan oleh Dinas UMKM dan Koperasi sebagai leading sector. Dukungan dari semua stakeholder sangat penting untuk menjaga integritas halal dalam semua aspek, sehingga Sumatera Barat dapat menjadi pusat industri halal yang diakui secara global.Dengan adanya Minangkabau Halal Festival 2024, diharapkan tercipta sinergi antara berbagai pihak dalam memajukan industri halal, serta meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya produk halal. Universitas Dharma Andalas berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berdampak positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di Sumatera Barat.

Kepala humas Universitas Dharma Andalas