fbpx

Padang, Unidha 4 Juni 2024

Universitas Dharma Andalas turut ambil bagian dalam upaya fasilitasi penjajakan kerja sama antara Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) yang difasilitasi oleh Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek. Kegiatan ini diadakan di ruang sidang lantai 2 LLDIKTI Wilayah X dengan tujuan meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi di wilayah Sumatera Barat dan Jambi.

Kepala Bagian Umum LLDIKTI Wilayah X, Rahmi, menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk fasilitasi kerja sama untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi. “LLDIKTI Wilayah X mengundang pengelola Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) dari berbagai PTS, termasuk Universitas Dharma Andalas, Universitas Bung Hatta, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, Universitas Tamansiswa, dan Universitas Sumatera Barat, yang memiliki program studi selaras dengan bidang keterampilan LKP untuk penerimaan mahasiswa jalur RPL,” ujar Rahmi.

Senada dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, Kepala LLDIKTI Wilayah X, Afdalisma, mengungkapkan harapannya agar pertemuan ini dilanjutkan dengan tindak lanjut konkret antara LKP dan PTS. “Mari tindaklanjuti kesempatan ini dengan melakukan kerja sama sehingga program RPL terimplementasikan dengan baik dan membuka kesempatan lebih luas kepada masyarakat untuk melanjutkan studi,” tutup Afdalisma.

Acara ini juga dihadiri oleh mitra dari Direktorat Khusus dan Pelatihan Ditjen Vokasi Kemendikbudristek, Himpunan Penyelenggara Kursus Indonesia (HIPKI), dan Forum Penyelenggara Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP). Tim Pengelola RPL Unidha, yang terdiri dari Ibu Sari Octavera, ST, MM, Kaprodi S1 Manajemen, dan Bapak Dr. Fiko Farlis, SE, MM, Ketua LP3M UNIDHA serta Dosen di Magister Manajemen Unidha, berpartisipasi aktif dalam penjajakan kerja sama ini.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, menyatakan dukungannya terhadap inisiatif ini. “Kami sangat mendukung upaya kerja sama antara PTS dan LKP yang difasilitasi oleh Kemendikbudristek. Ini adalah langkah penting dalam meningkatkan akses dan kualitas pendidikan tinggi melalui program RPL,” ungkap Prof. Novesar.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., menambahkan, “Partisipasi Unidha dalam kegiatan ini menunjukkan komitmen kami untuk terus berinovasi dalam memberikan akses pendidikan yang lebih luas dan berkualitas kepada masyarakat. Kerja sama dengan LKP ini diharapkan dapat memperkuat sinergi dalam dunia pendidikan dan pelatihan.”

Dengan adanya fasilitasi kerja sama ini, diharapkan Universitas Dharma Andalas dan lembaga-lembaga kursus pelatihan di Sumatera Barat dapat lebih berkolaborasi dalam mengimplementasikan program RPL, memberikan kesempatan belajar yang lebih luas bagi masyarakat, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas