fbpx

Padang, Unidha 2Juni 2024

Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Dharma Andalas sukses melaksanakan sosialisasi untuk tiga program utama: Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 7, Kampus Mengajar Batch 8, dan Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 5. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi Universitas Dharma Andalas yang saat ini berada di Semester 4 dan 6.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Ibu Nurweni Putri, S.Si, M.Si, yang menyambut para peserta dengan antusiasme tinggi. Beliau menekankan pentingnya program MBKM dalam memberikan pengalaman belajar yang lebih luas dan mendalam bagi mahasiswa. Selanjutnya, pengantar mengenai MBKM disampaikan oleh Ketua Unit MBKM, Ibu Ratnawati Raflis, SE, MM, yang menjelaskan visi dan tujuan dari program-program tersebut.

Materi pertama tentang Magang dan Studi Independen Bersertifikat Batch 7 dipaparkan oleh Ibu Lasti Yossi Hastini, ST, M.Si, yang menjelaskan berbagai peluang dan keuntungan mengikuti program ini. Materi kedua tentang Kampus Mengajar Batch 8 disampaikan oleh Ibu Malse Anggia, STP, MP, yang membahas bagaimana program ini dapat meningkatkan kompetensi mengajar mahasiswa sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi sekolah-sekolah di berbagai daerah. Terakhir, penjelasan tentang Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 5 diberikan oleh Ibu Siska Lusia Putri, SP, MM, yang menguraikan manfaat pertukaran mahasiswa dalam memperluas wawasan dan jaringan akademik.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, memberikan dukungannya terhadap kegiatan ini. “Kami sangat mendukung program MBKM yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan praktis dan pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas. Partisipasi aktif mahasiswa dalam program-program ini akan memperkaya pengalaman belajar mereka dan mempersiapkan mereka lebih baik untuk menghadapi dunia kerja,” ujar Prof. Novesar.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., juga menyampaikan apresiasinya. “Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk memastikan bahwa mahasiswa memahami manfaat dan peluang yang ditawarkan oleh program MBKM. Kami berharap semakin banyak mahasiswa yang terlibat dan mendapatkan pengalaman berharga dari program-program ini, yang pada gilirannya akan meningkatkan reputasi Universitas Dharma Andalas sebagai institusi pendidikan yang unggul.”

Di akhir kegiatan, sesi tanya jawab dan sharing pengalaman oleh calon peserta MBKM dan alumni MBKM Universitas Dharma Andalas berlangsung dengan penuh interaksi. Para peserta aktif bertanya dan berbagi cerita mengenai pengalaman mereka dalam program-program MBKM sebelumnya, memberikan inspirasi dan motivasi bagi rekan-rekan mereka.Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak mahasiswa Universitas Dharma Andalas yang tertarik dan siap untuk berpartisipasi dalam program-program MBKM, sehingga dapat mengembangkan potensi diri dan memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat dan dunia akademik.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas