fbpx

Padang, Unidha 13 Juni 2024

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, berperan sebagai narasumber dalam acara “Siaran Pergelaran Pasca Pemilu 2024” yang disiarkan langsung di Pro 2 FM 90.80 MHz dan melalui YouTube RRI Padang. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian siaran pasca pemilu 2024, yang bertujuan untuk membahas hasil dan dampak pemilu serta peran media dalam menjaga stabilitas dan integritas proses demokrasi di Indonesia.

Acara yang berlangsung pada Kamis, 13 Juni 2024, pukul 10.00 WIB di Auditorium RRI Padang ini menyoroti pentingnya peran lembaga pendidikan dan media massa dalam mengedukasi masyarakat mengenai proses demokrasi. Prof. Novesar Jamarun, dalam perannya sebagai narasumber, memberikan wawasan mendalam mengenai bagaimana pendidikan tinggi dapat berkontribusi dalam membangun kesadaran politik dan civic engagement di kalangan generasi muda.

Rektor Universitas Dharma Andalas, Prof. Dr. Novesar Jamarun, MS, juga menyampaikan pandangannya mengenai pentingnya acara ini. “Siaran pergelaran pasca pemilu 2024 adalah langkah penting dalam memastikan bahwa hasil pemilu diterima dengan baik oleh masyarakat dan bahwa proses demokrasi berjalan dengan lancar. Pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk mendidik generasi muda tentang pentingnya partisipasi politik yang aktif dan bertanggung jawab. Melalui acara ini, kita dapat berbagi pengetahuan dan wawasan yang dapat membantu memperkuat demokrasi di Indonesia. Saya berharap diskusi ini dapat memberikan perspektif yang berharga bagi pendengar dan pemirsa.”

Wakil Rektor I, Dr. Tesri Maideliza, M.Si, M.Sc, memberikan komentarnya mengenai partisipasi Rektor dalam acara ini. Menurutnya, kehadiran Prof. Novesar sebagai narasumber di RRI menunjukkan komitmen Universitas Dharma Andalas untuk terlibat aktif dalam diskusi nasional yang penting, terutama yang berkaitan dengan demokrasi dan pembangunan bangsa. Ini bukti bahwa universitas tidak hanya berperan dalam ranah akademik tetapi juga dalam isu-isu sosial yang lebih luas. Wakil Rektor II, Dr. Emrizal, SE., MM, juga menambahkan perspektifnya, “Partisipasi dalam acara seperti ini memberikan kesempatan bagi Universitas Dharma Andalas untuk berbagi pandangan akademis dan analitis yang dapat memperkaya wawasan masyarakat mengenai isu-isu penting pasca pemilu. Hal ini juga memperlihatkan bahwa pendidikan tinggi memiliki peran strategis dalam menciptakan masyarakat yang kritis dan berwawasan luas.”

Sementara itu, Kepala Humas Universitas Dharma Andalas, Irsyad Shabri, S.Hum., M.Hum., C.TM., mengungkapkan rasa bangganya terhadap keterlibatan Rektor dalam acara ini. “Kami bangga bahwa Rektor kami berkontribusi dalam forum nasional yang disiarkan oleh RRI. Ini tentunya menunjukkan bahwa Universitas Dharma Andalas tidak hanya fokus pada pendidikan tinggi tetapi juga berperan aktif dalam dialog publik yang konstruktif. Partisipasi ini menunjukkan bahwa universitas memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui diskusi dan edukasi yang mendalam.”

Dengan hadirnya Rektor Universitas Dharma Andalas sebagai narasumber, diharapkan diskusi yang disiarkan dapat memberikan pandangan yang lebih luas dan mendalam mengenai kondisi dan masa depan demokrasi di Indonesia pasca pemilu 2024. Partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat, termasuk akademisi dan media, sangat diperlukan untuk memastikan bahwa proses demokrasi berjalan dengan baik dan hasil pemilu dapat diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.Kepala Humas Universitas Dharma Andalas