fbpx

Padang, Unidha 28 Juni 2024

Kuliah tamu merupakan salah satu metode yang efektif untuk memperbaiki suasana akademik perkuliahan dan memberikan wawasan tambahan kepada mahasiswa. Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa memiliki informasi yang up-to-date terkait bidang keahlian tertentu, sesuai dengan tuntutan pendidikan tinggi. Kuliah tamu ini menghadirkan praktisi dari industri/instansi serta para pakar dari kalangan perguruan tinggi untuk memberikan wawasan kepada para mahasiswa dan juga dosen dari Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP).

Kuliah tamu dibuka oleh Ketua Program Studi, Prof. Dr. rer. nat. Anwar Kasim, yang berharap kegiatan ini dapat memberikan semangat baru bagi mahasiswa. “Saya berharap kuliah tamu ini dapat memberikan semangat baru dan menambah wawasan mahasiswa dalam bidang Agroindustri, khususnya tentang teknologi pirolisis dan aplikasi asap cair,” ujar Prof. Anwar Kasim dalam sambutannya.

Dr. Rahmi Eka Putri, M.Si., dari Politeknik Pembangunan Pertanian Medan, menjadi pemateri pada kuliah tamu Program Studi TIP UNIDHA dengan topik “Pirolisis dan Aplikasi Asap Cair sebagai Bahan Pengumpal Latek.” Dr. Rahmi memiliki keahlian dalam teknologi pengolahan asap cair berbahan kayu manis dan bahkan memiliki paten alat pirolisis dengan No. IDS000002512. Kuliah tamu ini memberikan pengetahuan tambahan bagi mahasiswa kelas Mata Kuliah Satuan Proses dengan topik pirolisis dan Mata Kuliah Teknologi Latek dan Karet dengan topik aplikasi asap cair sebagai bahan pengumpal latek.

Dr. Sri Mutiar, M.P., sebagai pengampu mata kuliah tersebut menyatakan bahwa pemateri sudah memberikan yang terbaik pada kuliah tamu ini sesuai dengan bidang kajian dan publikasi beliau. “Banyak sekali informasi dan pengetahuan tambahan yang didapat dari kuliah tamu ini. Mahasiswa sangat antusias dan aktif bertanya, bahkan tentang bagaimana menyiapkan bahan sebelum dipirolisis dan cara berbagi pengetahuan dengan masyarakat tentang penanganan latek kebun,” jelas Dr. Sri Mutiar.

Kegiatan kuliah tamu ini diikuti dengan antusias oleh mahasiswa yang aktif bertanya dan berpartisipasi dalam diskusi. Semoga ini menjadi sumber semangat yang berbeda bagi mahasiswa Prodi TIP ke depannya. Kuliah tamu ini tidak hanya memperkaya pengetahuan mahasiswa tetapi juga memberikan inspirasi dan motivasi untuk terus belajar dan berkembang dalam bidang Agroindustri.

Kepala Humas Universitas Dharma Andalas