[Sabtu, 24 Oktober 2020], Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNIDHA melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Perumusan Visi dan Misi FEB UNIDHA secara daring dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Rapat dibuka oleh Ibu Ingra Sovita, SE, MM, Ak (Sekretaris FEB UNIDHA) selaku moderator dan diikuti oleh Kaprodi dan Sekprod di lingkungan FEB UNIDHATim Penyusun Penetapan Pedoman Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran (VMTS) FEB UNIDHATim Renstra FEB UNIDHA, User dan Alumni.

peserta FGD

FGD dimulai tepat pukul 13.35 dimana diawali dengan sambutan berupa pemaparan mengenai revisi Visi Misi FEB UNIDHA yang disampaikan oleh Bapak Prof. Deddi Prima Putra, Apt (Rektor UNIDHA). Selanjutnya, Bapak Heru Aulia Azman, PhD (Ketua Pelaksana) melakukan pemaparan mengenai VMTS FEB UNIDHA yang juga dihadiri oleh seluruh anggota. Kemudian masing-masing User dan Alumni diminta untuk memberikan tanggapan, saran maupun kritik terhadap rumusan visi misi FEB terbaru yang telah dirumuskan oleh Tim sebelumnya.

Pembukaan oleh Rektor UNIDHA (Bapak Prof. Deddi Prima Putra, Apt)

Secara bergantian, User menyampaikan pendapatnya terhadap perubahan visi misi FEB UNIDHA. Berikut rangkumannya. Pertama, Bapak Gusti Candra (Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari). Ada tiga hal yang mesti disiapkan oleh perguruan tinggi untuk survive yaitu adaptif dengan perubahan, sinergi, dan kolaboratif. Kedua, Bapak Yosmeri (Kadis Perikanan Sumbar). Unggul dengan spesifik syariah, apa yang mesti disiapkan untuk mencapai visi tersebut, siapkan kerangka pikir untuk mencapai visi tersebut.

Moderator (Ibu Ingra Sovita, SE, MM, Ak)

Ketiga, Bapak Herlian Agung Fahmi (Branch Manager BSM). Isu yang ada di perbankan saat ini mencakup kompetensi dan mentality (SDM) serta pemahaman dan keilmuan lulusan perbankan syariah. Keempat, Bapak M. Ikrar (Ka. Unit CSR PT. Semen Padang). Visi saat ini lebih fokus dan semoga dapat menurunkan turunan yang lebih tajam. Kelima, Bapak Rishendri Mukhtar (Direktur JAMKRIDA). Visi ini diibaratkan ‘what we want to have’ dan misi diibaratkan ‘what we want to be’, tujuan untuk nyusun visi misi itu apa, visi misi credible (bisa dijual), market jelas, potensi pasar saat ini apa, target yang ingin dicapai apa. Sifat visi misi itu hendaknya imaginable, desirable (menarik), realistis, jelaskan secara fokus, dan mudah dikomunikasikan.

Dekan FEB UNIDHA (Ibu Dr. Asniati)

Keenam, Bapak Jasman Putra (Area Manager PT. Mustika Ratu Padang). Dalam menyiapkan visi dan misi hendaklah lulusan kompeten dari softskill yang dimiliki, teori dan praktek berbeda sehingga hendaknya menerapkan 40% teori dan 60% praktek serta dunia industri di lapangan dilebihkan lagi dalam kurikulum perkuliahan. Ketujuh, Bapak Erwin Yunaz (Wakil Walikota Payakumbuh). Menurut beliau, perubahan telah terjadi dan tidak menunggu kita siap atau tidak, perekonomian berada di zona oranye, jadi harus disikapi dengan baik, dimana pun kuliahnya, suatu saat tidak akan ditanya lagi karena berada pada posisi yang sama, kompetensi harus dikedepankan, utamakan softskill dan lifeskill, saat lulus akan ditanya, kamu bisa apa bukan kamu lulus dimana, tidak ada jaminan kampus favorit melahirkan orang yang terdepan, serta buatlah kreativitas yang diarahkan dalam bentuk kurikulum perkuliahan nantinya tidak hanya tugas berupa paper.

User / Stakeholders

Selanjutnya, perwakilan alumni menyampaikan pendapatnya terhadap perubahan visi misi FEB UNIDHA. Berikut rangkumannya. Pertama, Silvia Neli (Alumni Prodi S1 Manajemen). Lulusan hendaknya memiliki softskill, lifeskill, dan attitude yang baik.

Kedua, Re Novel (Alumni Prodi S1 Manajemen). Kompetensi khusus bidang ekonomi syariah hendaknya disiapkan kurikulum yang berbau syariah lebih banyak lagi karena mata kuliah syariah yang ada hanya tujuh mata kuliah, mata kuliah syariah ini tidak hanya menjadi mata kuliah pilihan tapi dijadikan mata kuliah wajib, dan penambahan konsentrasi bidang syariah.

Ketiga dan Keempat, Adrisoni (Alumni Prodi S1 Manajemen) dan Tuti Linda (Alumni Prodi S1 Akuntansi). Lulusan hendaknya memiliki skill komunikasi yang baik di lapangan.

Alumni FEB UNIDHA

Kelima, Marisya (Alumni Prodi S1 Akuntansi). Lulusan hendaknya menggali bakat yang ada dan lebih pandai lagi dalam public speaking serta mengikuti organisasi kampus.

Keenam, Gita Rizkirana (Alumni Prodi S1 Manajemen). Lulusan hendaknya memiliki keahlian dalam bidang digital marketing sehingga lebih kreatif dan inovatif. Saran untuk kurikulum perkuliahan, diharapkan mata kuliah kewirausahaan ditambahkan sks-nya supaya teori dan praktek berimbang. Agenda berikutnya adalah menyiapkan draft akhir visi misi FEB UNIDHA ini sekitar akhir bulan Oktober 2020 ini.