Project class Tahun Ajar Genap 2019/2020 lainnya selain mata kuliah Manajemen Pemasaran II dan Matematika Keuangan Bisnis adalah Statistik Induktif Kelas 4X2. Mata Kuliah ini diampu langsung oleh Ibu Mellyna Eka Yan Fitri, S.Si, MM (Dosen Prodi S1 Manajemen).

Perkuliahan daring selama pandemi Covid-19 dilakukan dengan menggunakan Platform Kuliah Daring Unidha yakni https://kuliahdaringunidha.gnomio.com dengan media pembelajaran video, file dokumen dan voice note. Mahasiswa dipandu terlebih dahulu menggunakan platform kuliah daring, sedangkan untuk media interaktifnya menggunakan WhatsApp dengan ketentuan dan aturan yang disepakati sebelumnya.

Dengan platform daring, dibagikan materi ajar per topik dalam bentuk dokumen digital yang bisa diunduh oleh mahasiswa serta berupa link video Youtube yang dapat diakses oleh mahasiswa. Link video Youtube merupakan video pengajaran yang dibuat oleh dosen itu sendiri sehingga mahasiswa dapat mengulangi materi ajarnya hingga paham. Selain itu, materi ajar juga dijelaskan melalui voice note yang dikirim melalui WhatsApp, mahasiswa diminta untuk membuka slide presentasi yang tengah disampaikan. Kemudian mereka juga diberikan kesempatan untuk menyerap materi sejenak agar lebih memahami apa yang telah dijelaskan serta diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Awal kegiatan perkuliahan daring cukup baik dan bisa diikuti oleh mahasiswa karena dari awal sudah dipandu. Namun kekurangannya adalah sebagian mahasiswa tinggal di daerah yang minim sinyal sehingga mereka agak telat memberikan respon. Mahasiswa terlihat aktif dalam aktivitas perkuliahan daring ini. Bentuk penilaian terkait dengan pemahaman materi yang telah disampaikan dilakukan dengan melontarkan pertanyaan kepada mahasiswa secara berkala dengan batasan kepada 10 mahasiswa tercepat yang mampu menjawab pertanyaan. Penyampaian materi lanjutan selalu diawali dengan kuis atau ujian singkat mengenai materi yang sudah diajarkan sebelumnya.

Selengkapnya baca di http://manajemen.unidha.ac.id/2020/04/14/uts-daring-hybrid-statistik-induktif-unidha/