Padang – Prodi Matematika dan Sistem Informasi Universitas Dharma Andalas (Unidha) mengadakan Workshop Internasional pada tanggal 3-4 Februari 2020. Workshop ini mendatangkan narasumber dari Okayama University Jepang, Prof. Masaji Watanabe, dengan tema “Mathematical Modeling and Computational Analysis of Microbial Depolymerization Procesess”. Workshop ini diikuti peserta yang terdiri dari dosen di lingkungan Unidha serta dari berbagai institusi/universitas yang diundang oleh Unidha.

Workshop internasional ini dibuka secara langsung oleh Rektor Unidha, Prof. Dr. Deddi Prima Putra, Apt. Beliau menyampaikan bahwa Unidha sangat serius dalam mengembangkan kerjasama akademik dan penelitian dengan institusi luar negeri sebagai upaya mempertemukan dosen dan mahasiswa dalam forum ilmiah internasional. Narasumber workshop, Prof. Masaji Watanabe memaparkan hasil penelitiannya yang mampu berkontribusi dalam aspek ilmu lingkungan melalui modeling dan komputasi untuk proses degradasi bahan kimia (plastik) dengan mikroba. Workhop ini semakin menarik ketika Prof. Masaji Watanabe menjelaskan tentang Program C dan aplikasi Dev++ yang dugunakan untuk proses programing dari algoritma pemodelan proses depolimerisasi senyawa kimia dengan mikroba. Peserta workshop dapat melakukan proses programing secara langsung dan melihat hasil kerja simulasi yang disajikan kedalam bentuk animasi dengan memperhatikan aspek degradasi senyawa kimia.

Workshop internasional ini ditutup dengan penyerahan piagam kepada Prof. Masaji Watanabe oleh Sekretaris Universitas Dharma Andalas, Dr. Dodi Devianto, M.Sc, beliau memaparkan harapannya setelah workshop ini akan lahir penelitian kolaborasi melalui kerjasama internasional untuk lintas bidang keahlian. Selain itu, melalui workshop ini Unidha juga melakukan rancangan kerjasama dengan Okayama University dengan Program Sakura Plan untuk proses perencanaan perkuliahan doktoral serta student mobility untuk mahasiswa Unidha pada bidang sains dan teknologi ke Jepang.

Butuh Bantuan? Chat Aja yaa.